Headlines News :
Made by : MF-Abdullah @ Catatan
Home » , » Sambut Ramdhan ; Akrabi Hadis Nabi Dengan Software Hadis 9 Imam “LIDWA”

Sambut Ramdhan ; Akrabi Hadis Nabi Dengan Software Hadis 9 Imam “LIDWA”

Written By apaaja on Jumat, 27 Juni 2014 | 02.45.00

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Marhaban ya Ramadhaan...... ini postingan prtama di bulan suci hehe

Blog sok suci bernama Ngaji Online ini entahlah sudah berumur berapa abad, saya lupa, begitu pula dengan fans page-nya di Facebook, saya juga sudah lupa berapa umurnya. Yang jelas sudah tua. Untuk ukuran blog dan FP setua ini, Ngaji Online termasuk kurang maju, bahkan tertinggal. Yang like Cuma bebrapa orang yang mungkin tidak sengaja. Ya semoga aja kedepannya yang like tambah banyak. Walaupun saya juga tidak ngerti gunanya apa. Toh tidak dibawa mati...

Selama masa yang panjang itu, baru dua kali ada yang menghubungi via pesan-facebook ke FP ini. Pertama dulu seorang teman yang minta dicariin referensi tugas akhir, dan sekarang sekumpulan orang baik yang berkhidmat untuk hadis Nabi mereka yang agung. saya senang sekali mendapatkan pesan yang kedua ini, soalnya mereka meminta untuk menyebarkan hasil kerja mereka ke ummat Islam. Wah jadi jangkauan blog ini diakui juga.

Naman akunnya RadioAssalam, sepertinya yang punya anak-anak berotak encer yang bisa kuliah di UI. Ohya, khidmat mereka adalah sebuah aplikasi / software yang berisikan kitab hadis dari 9 Imam Muktabar. Aplikasi ini bernama Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam Aplikasi ini bisa jalan di  Linux, Mac dan tentu saja Jendela. Istimewa sekali kerja orang-orang biak ini, bayangkan selama lima tahun lebih, tim mereka yang terdiri dari 20 orang bekerja menerjemahkan 62.000 lebih hadis. Hadis –hadis itu adalah hadis yang dimuat di dalam kutub as-sittah ;  Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah, Ahmad, Malik, Darimi.  Luar biasa bukan? Beda dengan saya yang hanya menghabikan waktu lima tahun ini untuk merusak oksigen, merubahnya jadi karbon dioksida yang beracun.

ini perwajahan veris onlennya..
Aplikasi ini memang tidak gratis, tapi alasannya mulia banget bro and sister... jadi tim LIDWA selain berniat membuat aplikasi hadis, mereka juga akan membuat aplikasi perpustakaan lengkap yang isinya tejemahan kitab-kitab ulama, mulai dari tafsir hingga fikih, dari akhlak hingga muamalah de el el. Nah nanti bisa jadi Maktabah Syamilah versi Indonesia kan? Keren. Dana penjualan digunakan untuk melanjutkan proyek itu. Jadi kalau kamu beli aplikasinya dengan niat ihlas, bisa kecipratan pahala jariyah tu. Tapi walaupun tidak gratis alias kita sebaiknya beli, LIDWA juga menyediakan versi onlinenya, versi online ini GRATIS tis tis. (klik kalo mau liat).. walaupun ada beberapa fitur yang tidak bisa diaksese sebagaimana versi dekstopnya.

Okedehh... entalah apakah ada yang membaca tulisan ini, tapi tidak apa-apalah kalau saya bilang maaf atas semua khilaf, sudah mau Ramadhan nih. Ohya sesuai judul dalam bulan puasa ini marilah kita semakin akrab dengan hadis nabi, bisa lewat LIDWA hehe.... walaupun saya sendiri adalah manusia hina yang jauh dari hadis nabinya. Semoga ini dihitung ibadah.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Santri Cendekia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template