بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Secara etimologis kata ahl berarti keluarga atau kaum
kerabat. Jika kata ini dihubungkan dengan suatu kata lain misalnya ahl
al-bait artinya adalah penghuninya[1]. Ahl
bait Rasulillah berarti keluarga Rasulullah saw. Frasa ahl al-bait terdapat di dalam
al-Qur’an dan Hadis, sehingga untuk mengetahui siapakah yang termasuk kedalam
ahlul bait kita harus kembali kepada keduanya serta penjelasan dari para
mufassir yang keilmuannya telah diakui di kalangan ummat Islam.
Kelaurga Ali bin Abi Thalib dan Fatimah termasuk anak-anaknya
memang merupakan ahlul bait Rasulullah saw, hal itu ditunjukan oleh makna
etimologis ahlul bait juga oleh banyak dailil-dalil
naqli. Namun kami mencukupkan menyebutkan dua hadis berikut :
حدّثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي
شَيْبَةَ وَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللّهِ بْنِ نُمَيْرٍ (وَاللَّفْظُ لأَبِي
بَكْرٍ). قَالاَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ عَنْ زَكَرِيَّاءَ عَنْ
مُصْعَبِ بْنِ شَيْبَةَ عَنْ صَفِيَّةَ بِنْتِ شَيْبَة. قَالَتْ: قَالَتْ
عَائِشَةُ ،: خَرَجَ النَّبِيُّ غَدَاةً وَعَلَيْهِ مِرْطٌ مُرَحَّلٌ، مِنْ شَعَرٍ
أَسْوَدَ. فَجَاءَ الْحَسَنُ ابْنُ عَلِيَ فَأَدْخَلَهُ. ثُمَّ جَاءَ الْحُسَيْنُ
فَدَخَلَ مَعَهُ. ثُمَّ جَاءَتْ فاطِمَةُ فَأَدْخَلَهَا. ثُمَّ جَاءَ عَلِيٌّ
فَأَدْخَلَهُ. ثُمَّ قَالَ: {إِنَّمَا يُرِيدُ اللّهَ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ
الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيراً } (33الأحزاب الآية: 33)
Aisyah ra berkata : Nabi saw keluar pada suatu siang, beliau
mengenakan mantel lalu datanglah Hasan bin Ali dan beliaupun memasukannya
kedalam naungan mantel tersebut, lalu datanglah Husain bin Ali dan beliaupun
memasukannya kemudian datanglah Fatimah dan beliaupun memasukannya kemudian
datanglah Ali radiallahu
anhum dan beliaupun memasukkannya. Setelah itu Rasulullah membaca
“sesungguhnya Allah hendak menghilangkan dosa dari kalian wahai ahlul bait dan
mensucikan kalian sesuci sucinya” (al-Ahzab : 33). (HR. Muslim)
قال الإمام أحمد: حدثنا عفان، حدثنا حماد، أخبرنا علي بن زيد ، عن أنس بن مالك، رضي الله عنه، قال: إن رسول
الله صلى الله عليه وسلم كان يمر بباب فاطمة ستة أشهر إذا خرج إلى صلاة الفجر
يقول: "الصلاة يا أهل البيت، { إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ
الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا } .
ورواه الترمذي، عن عبد بن حميد، عن عفان به. وقال: حسن غريب
Dari Anas bin Malik, ia berkata : sesungguhnya Rasulullah saw
pernah selama enam bulan setiap kali melewati pintu rumah Fatimah dan Ali untuk
shalat Subuh beliau bersabda “shalat wahai ahlul bait (dan membacakan ayat)
sesungguhnya Allah hendak menghilangkan rijs dari kalian dan mensucikan kalian
sesuci-sucinya”. (HR. Ahmad,
Tirmidzi dan ia berkata hadis ini hasan gharib).
Membatasi ahlul bait Rasulullah saw hanya pada Ali bin Abi Tahlib,
Fatimah, Hasan, Husain dan keturunannya saja adalah pendapat menyimpang yang menyelisihi hadis-hadis Nabi saw dan para ulama ummat Islam yang menunjukan bahwa ahlul
bait Rasulullah ,sealin keluarga Ali dan Fatimah, juga mencakup istri-istrinya beserta anak-anak
mereka, keluarga Abbas, keluarga Jakfar, dan kelaurga ‘Aqil.
Di dalam kitab Minhaju Sunnah an-Nabawiyah, Ibnu Taimiyah berkata:
“ulama telah berselisih pendapat tentang masuk tidaknya istri-istri Nabi
kedalam kalangan ahlul bait, dimana terdapat dua riwyat dari Imam Ahmad, dan yang
benar (dalam masalah ini) bahwa para istri Nabi adalah termasuk Alul Bait.
Karena telah ada dalam hadits yang diriwayatkan di shahihaini yang menjelaskan
bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengajari lafadz bershalawat kepadanya
dengan lafal اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ, (Ibnu Taimiyah, 1986 : IV/11).
Imam al-Baihaqi membaut bab tersendiri di dalam kitabnya as-Sunan
al-Kubra bernama “bab dalil bahwa
istri-istri Rasullah termasuk ahlul baitnya dalam hal berselawat atasnya”. Di
awal bab tersebut Imam al-Baihaqi berkata :
Hal tersebut (yakni istri-istri Nabi termasuk ahlul bait) karena
Allah ta’ala telah menjadikan mereka
khitab (lawan bicara) di dalam firmannya “Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah
seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam
berbicara” (al-Ahzab : 32), lalu Allah swt menyampaikan ayat-ayat berikutnya
hingga firman-Nya “sesungguhnya Allah hendak menghilangkan dosa dari kalian
wahai ahlul bait dan membersihkan kalian sebersih-bersihnya” (al-Ahzab : 33).
Allah ta’ala menggunakan kata عَنْكُمْ yang merupakan kata ganti bagi pria di dalam ayat
tersebut karena Allah swt bermaksud memasukan orang-orang selain mereka ke
dalam hal tersebut (kalangan ahlul bait) bersama mereka (para istri Nabi),
kemudian Allah menyandarkan kata الْبُيُوتَ (rumah) kepada mereka dalam firmannya
“dan ingatlah ayat-ayat Allah dan hikmah (wahyu) yang dibacakan di rumah-rumah
kalian” (al-Baihaqi , 1344 H : 150).
Salah satu hadis yang disebutkan Imam al-Baihaqi di dalam bab
tersebut adalah hadis dari Ummu Salamah yang berbunyi :
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ : فِى
بَيْتِى أُنْزِلَتْ (إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ
أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا) قَالَتْ : فَأَرْسَلَ رَسُولُ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِلَى فَاطِمَةَ وَعَلِىٍّ وَالْحَسَنِ
وَالْحُسَيْنِ فَقَالَ :« هَؤُلاَءِ أَهْلُ بَيْتِى ». وَفِى حَدِيثِ الْقَاضِى
وَالسُّلَمِىُّ :« هَؤُلاَءِ أَهْلِى ». قَالَتْ فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ
أَمَا أَنَا مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ؟ قَالَ :« بَلَى إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى »
Dari Ummu Salamah ia berkata di rumahku turunlah ayat (al-Ahzab :
33), lalu Rasulullah saw mengutus seseorang untuk memanggil Ali, Fatimah, Hasan
dan Husain, lalu Rasulullah saw dan bersabda “merekalah ahlul baitku”. Di dalam hadis
al-Qadhi as-Sulami, Rasul bersabda “merekalah ahli..(tanpa lafal al-bait). Lalu berkatalah Ummu Salamah ; wahai Rasululah
bukankah aku juga termasuk ahlul batimu?. Rasulullah saw menjawab ; iya insya
Allah ”. (HR. Baihaqi).
Imam Ibnu Katsir ketika menafsirkan surah
al-Ahzab ayat 33 berkata : Ini adalah nash yang menunjukan bahwa para istri
Rasulullah termasuk kedalam kalangan ahlul bait karena merekalah (para istri
Nabi) sebab turunnya ayat ini. Sedangkan pihak yang menjadi sebab turunnya ayat
termasuk kedalam pembahsan suatu ayat.(Ibnu Katsir , 2008 431).
Hadis yang menunjukan siapa sajakah ahlul bait
adalah hadis Imam Muslim yang diriwayatkan dari Zaid bin Arqam yang bunyinya
sebagai berikut :
حدثني زهير بن حرب وشجاع بن مخلد جميعا عن بن علية قال زهير
حدثنا إسماعيل بن إبراهيم حدثني أبو حيان حدثني يزيد بن حيان قال * انطلقت أنا
وحصين بن سبرة وعمر بن مسلم إلى زيد بن أرقم فلما جلسنا إليه قال له حصين لقد لقيت
يا زيد خيرا كثيرا رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وسمعت حديثه وغزوت معه وصليت
خلفه لقد لقيت يا زيد خيرا كثيرا حدثنا يا زيد ما سمعت من رسول الله صلى الله عليه
وسلم قال يا بن أخي والله لقد كبرت سني وقدم عهدي ونسيت بعض الذي كنت أعي من رسول
الله صلى الله عليه وسلم فما حدثتكم فاقبلوا وما لا فلا تكلفونيه ثم قال قام رسول
الله صلى الله عليه وسلم يوما فينا خطيبا بماء يدعى خما بين مكة والمدينة فحمد
الله وأثنى عليه ووعظ وذكر ثم قال أما بعد ألا أيها الناس فإنما أنا بشر يوشك أن
يأتي رسول ربي فأجيب وأنا تارك فيكم ثقلين أولهما كتاب الله فيه الهدى والنور
فخذوا بكتاب الله واستمسكوا به فحث على كتاب الله ورغب فيه ثم قال وأهل بيتي
أذكركم الله في أهل بيتي أذكركم الله في أهل بيتي أذكركم الله في أهل بيتي فقال له
حصين ومن أهل بيته يا زيد أليس نساؤه من أهل بيته قال نساؤه من أهل بيته ولكن أهل
بيته من حرم الصدقة بعده قال ومن هم قال هم آل علي وآل عقيل وآل جعفر وآل عباس قال
كل هؤلاء حرم الصدقة قال نعم
Dari Zaid bin Arqam bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
suatu hari berkhutbah: Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang Ahlul Baitku
(sampai tiga kali) maka Husain bin Sibroh (perawi hadits) bertanya kepada Zaid
“Siapakah Ahlul Bait beliau wahai Zaid bukankah istri-istri beliau termasuk
ahlil baitnya? Zaid menjawab para istri Nabi memang termasuk Ahlul Bait akan
tetapi yang di maksud di sini, orang yang di haramkan sedekah setelah wafatnya
beliau. Lalu Husain berkata: siapakah mereka beliau menjawab:“Mereka adalah
keluarga Ali, keluarga Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga Abbas ? Husain
bertanya kembali Apakah mereka semuanya di haramkan menrima zakat ? Zaid menjawab Ya…(HR. Muslim)
Lanjutkan.....
BalasHapusmakasih, yaa doakan sja semoga masih bisa lanjut..
BalasHapus